Selasa, 07 Juni 2011

PERAN DAN FUNGSI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN


PERAN DAN FUNGSI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Berkambangnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin majunya perkembangan jaman, berpengaruh dalam dunia pendidikan, khususnya dalam media pembelajaran.  Media dalam pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembelajaran. Di dalam media pembelajaran terdapat peran dan fungsi media yang berguna untuk menunjang kemajuan proses pembelajaran bahasa.  
Media pembelajaran dapat berupa alat atau bahan yang tersedia di sekolah atau di luar sekolah. Dalam media pembelajaran, kreativitas guru sangat ditonjolkan agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tidak terlalu memberatkan siswa terutama dari segi ekonomi.
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran mencakup alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah.

B.     Rumusan Masalah
Dari uraian di atas maka dapat dirumuskan masalah yaitu bagaimana peran dan fungsi media dalam pembelajaran bahasa.

C.     Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan peran dan fungsi media dalam pembelajaran bahasa.



BAB II
LANDASAN TEORI

Ada bebeapa tafsiran tentang pengertian media pengajaran. Sebagian orang menyatakan bahwa media pengajaran menunjuk pada perlengkapan yang memiliki bagian-bagian yang rumit seperti yang diungkapkan oleh Marshall McLuhan yang berpendapat bahwa media adalah suatu ekstensi manusia yang memungkinkannya mempengaruhi orang lain yang tidak mengadakan kontak langsung dengan dia. Sesuai dengan rumusan tersebut, media komunikasi mencakup surat-surat, televisi, film, dan telepon, bahkan jalan raja dan jalan kereta api merupakan media yang memungkinkan seseorang berkomunikasi dengan orang-orang lainnya.
Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar ( Sadiman, dkk, 2006: 6). Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa media adalah bahan atau  materi yang dituangkan dalam  peralatan  yang dapat menyimpan dan menyampaikan informasi atau pesan yang dikandungnya kepada penerima untuk tujuan pendidikan atau pengajaran. Pesan atau informasi dapat dikomunikasikan dengan sejumlah kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa.
Menurut Hamalik (2001: 23),  media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Sadiman, dkk (2006: 6) menyatakan  media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar, contohnya adalah buku, film, kaset, film bingkai, dan lain sebagainya.
Menurut Susilo (2007: 148) media pembelajaran dapat berupa alat atau bahan yang tersedia di sekolah atau  luar sekolah. Dalam pemilihan media pembelajaran, krativitas guru sangat ditonjolkan agar dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tidak terlalu memberatkan siswa dari sisi ekonomi. Jenis media yang bisa dipilih dapat berupa objek langsung maupun tidak langsung. Media pembelajaran digunakan untuk melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar, misalnya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, maka guru dalam proses pembelajaran berbicara dapat mengunakan media kartun.

BAB III
PEMBAHASAN

A.    Peran Media dalam Pembelajaran Bahasa
·       Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik.
·       Mengatasi batas-batas ruang kelas.
·       Mengatasi kesulitan apabila suatu benda yang diamati terlalu kecil.
·       Mengatasi gerak benda secara cepat atau lambat.
·       Mengatasi hal-hal yang terlalu kompleks untuk dipisahkan.
·       Mengatasi suara yang terlalau halus untuk didengar.
·       Mengatasi peristiwa-peristiwa alam.
·       Memungkinkan terjadinya kontak langsung dengan masyarakat atau alam.
·       Memungkinkan terjadinya kesamaan dalam pengamatan (Rohani, 1997:6).
B.     Fungsi Media dalam Pembelajaran Bahasa
o   Media pengajaran berfungsi membangkitkan motivasi belajar, mengulang apa yang telah dipelajari, menyediakan stimulus belajar, mengaktifkan respon siswa, memberikan balikan dengan segera, dan menggalakkan latihan yang serasi.
o   Media berfungsi: memberikan dasar pengalaman kongkret, mempertinggi perhatian siswa, memberikan realitas, memberikan hasil belajar permanen, menambah perbendaharaan non verbalistik, dan memberikan pengalaman baru.
o   Media pengajaran berfungsi agar pengajaran lebih menarik siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, memperjelas makna bahan pengajaran, metode pengajarn lebih bervariasi, dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar lebih banyak.
o   Media memiliki 4 fungsi, yaitu: mengubah titik tekan pengajaran dari instruksional akademis menjadi pengajaran yang mementingkan kebutuhan kehidupan siswa, membangkitkan motivasi belajar, memberikan kejelasan, dan memberikan rangsangan.
Menurut Hamalik, fungsi media antara lain :
a.       meningkatkan minat belajar siswa
b.      menyediakan stimulus bagi siswa
c.       membantu siswa untuk menggulang dan mempelajari kembali apa yang telah diterimanya
d.      memperjelas pengajaran pesan yang telah disampaikan guru
e.       mengatasi keterbatasan ruang dan waktu
f.       melatih daya indera siswa
g.      meningkatkan daya kreasi siswa
h.      membuat isi pelajaran yang tidak terlupakan
Sedangkan Arsyad berpendapat fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, atau lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Menurut Arsyad media pembelajaran mempunyai empat fungsi, yaitu sebagai berikut:
a.         fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaian dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks pelajaran,
b.         fungsi afektif yaitu media visual yang terlihat dapat meningkatkan kenikmatan belajar, emosi, dan sikap siswa dalam belajar,
c.         fungsi kognitif yaitu lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan menggingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar, dan
d.        fungsi kompensatoris yaitu media berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah atau lamban dalam menerima dan memahami isi pelajaran yang disampaikan.
Media berfungsi untuk tujuan instruksi dan informasi yang terdapat dalam media harus melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata, sehingga pengajaran dapat terjadi. Materi harus dirancang lebih sistematis, agar dapat menyiapkan instruksi yang efektif. Selain menyenagkan, media harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan perorangan siswa.


BAB IV
KESIMPULAN

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran mencakup alat, metode dan teknik yang digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Selain sebagai sarana untuk mengefektifkan jalannya pembelajaran, media juga mempunyai peran dan fungsi guna menyukseskan kegiatan pembelajaran.
Pada pembahasan dalam makalah ini telah dikemukakan peran dan fungsi media menurut beberapa ahli, diantaranya: Arsyad yang berpendapat bahwa fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, atau lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru. Kemudian Hamalik, mengungkapkan bahwa fungsi media adalah meningkatkan minat belajar siswa, menyediakan stimulus bagi siswa, membantu siswa untuk menggulang dan mempelajari kembali apa yang telah diterimanya, dan sebagainya.
Dari berbagai pendapat yang telah dikemukakan tentang peran dan fungsi media, pada umumnya mempunyai garis besar serta tujuan yang sama dalam pembelajaran, media merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan mempunyai pengaruh yang besar dalam kegiatan pembelajaran.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar